Disetiap pergantian tahun atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dunia umumnya dan Indonesia khususnya sebagai tahun baru,pastinya akan dirayakan dengan sangat meriah. Nah kebetulan Tahun baru 2014 ternyata jatuh pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam penanggalan Islam, atau dikenal juga dimasyarakat jawa sebagai Rebo Wekasan. Rebo Wekasan sendiri dimitoskan sebagai hari yang dipenuhi bala/petaka.


Pengertian Rebo Wekasan Dalam bahasa Jawa, Rebo berarti Rabu dan Wekasan adalah terakhir.dengan kata lain Rebo Wekasan adalah Rabu terakhir di bulan Safar.

Ada tradisi khusus yang dilakukan sebagian orang Jawa pada Rabu Wekasan ini,antara lain melakukan salawat nabi,sholat fida'il Bala di hari Rabu terakhir bulan Safar selain itu juga diisi dengan doa-doa tolak bala. Lantas, dari mana mitos petaka Rebo Wekasan itu?

Ketua Aswaja NU Center Jombang Yusuf Suharto Dalam tulisan yang dimuat laman nu.or.id, Selasa (31/12/2013) menuliskan bahwasanya mitos itu berasal dari zaman jahiliyah di Arab. Dulu Bangsa Arab jahiliyah sering mengatakan bulan Safar yang merupakan bulan ke-2 pada kalender Islam itu sebagai bulan kesialan.

Dalam tulisan itu, Yusuf mengutip surat Alquran yang menceritakan hukuman untuk kaum Aad. Menurut tafsir Ma’alim al-Tanzil, hukuman untuk kaum Aad itu bertepatan dengan Rabu terakhir di bulan Safar.

"Yang perlu digaris bawahi Penafsiran ini hanya menunjukkan bahwa kejadian itu kebetulan bertepatan pada hari Rabu diakhir bulan Shafar dan tidak menunjukkan bahwa hari itu adalah kesialan yang terus-menerus," tulis Yusuf.

semoga informasi ini dapat bermanfaat,mohon maaf bila ada tulisan yang tidak berkenan.

0 komentar :

Posting Komentar